Lubuk Larangan Desa Muara Purba Nauli Kecamatan Angkola Muara Tais

By Dinas Perikanan Daerah 21 Jul 2020, 15:11:32 WIB Utama
Lubuk Larangan Desa Muara Purba Nauli Kecamatan Angkola Muara Tais

Tradisi Konservasi Lingkungan oleh Masyarakat Desa Muara Purba Nauli Kecamatan Angkola Muara Tais
Semakin mengemukanya issu pemanasan global (global warming) membuat kita untuk arif dan bijak pada alam dalam berbagai aspek kehidupan. Komunitas masyarakat adat sejak jaman nenek moyang kita telah mengajarkan berbagai macam pelajaran sangat berharga untuk menghormati alam.

Dinas Perikanan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan membantu kehidupan masyarakat tradisional yang masih kuat memegang dan menjalankan adat memposisikan diri mereka sebagai kelompok yang diidealkan dalam berhubungan dengan alam, menekankan pada realita akan adanya hubungan spiritualitas masyarakat dengan alam. Konsep ini yang kemudian di modern-kan oleh kalangan pelaku pengembang masyarakat menjadi konsep pembangunan masyarakat baru yang memadukan kepercayaan, kebiasaan lama dan kearifan lokal, untuk menumbuhkan kehidupan modern yang sangat menghormati lingkungan hidup. Modern dan maju tapi tidak merusak alam.

Tradisi Lubuk Larangan juga dapat mempererat kebersamaan dan gotong royong antar masyarakat Desa Muara Purba Nauli Kecamatan Angkola Muara Tais.

 

.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment