Tingkatkan Konsumsi Ikan, Dinas Perikanan Daerah Tapsel Adakan Sosialisasi Gemarikan

By Dinas Perikanan Daerah 24 Okt 2019, 10:31:40 WIB Utama

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perikanan Daerah Berfoto Bersama Peserta Sosialisasi Gemarikan


Sipirok (29 Agustus 2019). Dinas Perikanan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan melaksanakan kegiatan GEMARIKAN (gerakan gemar memasyarakatkan makan ikan) di beberapa lokasi di tiga Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Ketiga Kecamatan itu yaitu Kecamatan Angkola Muaratais pada tanggal 26 Agustus 2019 , Angkola Muaratais pada tanggal 27 Agustus 2019  dan Batang Toru pada tanggal 28 Agustus 2019. Peserta dalam kegiatan ini merupakan anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Gemarikan merupakan salah gerakan moral yang diinisiasi oleh Kementerian Keluatan dan Perikanan  mengajak dan memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyarakatkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat, dan cerdas. Gemarikan ini dilaksakan untuk meningkatkan jumlah konsumsi ikan di Indonesia yang masih rendah.

Konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah. Pada Tahun 2015, rata-rata konsumsi ikan di Indonesia baru mencapai 41,11 kg/kapita. Sementara, konsumsi ikan di Malaysia sudah mencapai 70 kg/kapita/tahun dan Jepang 140/kapita/tahun. Berdasarkan kajian studi yang dilakukan KKP rendahnya konsumsi ikan erat kaitannya dengan masalah ketersediaan produk perikanan secara kontinyu dengan mutu dan kualitas yang terjamin, serta kurangnya pengetahuan masyarakat tentang informasi kandungan gizi dan manfaat makan ikan. Selain itu masih berkembang persepsi yang salah di masyarakat tentang makan ikan, seperti makan ikan dapat menyebabkan anak cacingan, air susu ibu amis, dan beberapa ikan masih dipersepsikannya sebagai bahan makanan yang mahal.

Oleh karena itu, dalam setiap sambutannya Kepala Dinas Perikanan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Ir. Lely Anita Lubis, MM mengajak peserta sosialisasi agar meningkatkan konsumsi  ikan dan menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam ikan.“ Tingkat konsumsi ikan perlu ditingkatkan karena ikan mengandung nilai gizi yang lengkap mulai dari omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak, protein yang baik untuk pertumbuhan anak sejak usia dini, dagingnya mudah dicerna,  serta mengandung berbagi jenis Vitamin yang bagus untuk mata dan tulang”

Selanjutnya dalam sambutannya beliau juga mengatakan bahwa mengkonsumsi ikan tidak menyebabkan cacingan bagi anak. Persepsi yang selama ini berkembang di masyarakat adalah  hal yang salah dan perlu diperbaiki. Oleh karena itu makanlah ikan sejak  hari ini, esok dan seterusnya., ikan dan membenarkan persepsi yang salah tentang ikan yang beredar di masyarakat. Selain itu, beliau juga memotivasi anak-anak Sekolah Dasar (SD) beserta guru pendampingnya yang hadir agar mau melaksanakan kegiatan perikanan baik budidaya maupun pengolahan.

Dalam sosialisi  Gemarikan ini juga diadakan lomba menggambar ikan. Hal ini bertujuan agar-agar peserta sosialiasi lebih mencintai dan mengenal ikan itu lebih dekat. Selain itu, dalam acara ini juga diadakan makan bersama produk olahan serba ikan berupa Nugget, Bakso, Tahu Ikan dan Otak-otak. Olahan ini dipersiapkan langsung oleh Dinas Perikanan Daerah Tapanuli Selatan.

Diharapkan dengan kegiatan yang dilakukan Dinas Perikanan Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan ini  dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kandungan gizi dan manfaat ikan bagi tubuh. Dengan meningkatkannya pengatahuan  tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan jumlah konsumsi ikan di Kabupaten Tapanuli Selatan khususnya untuk menghasilakn generasi-generasi muda yang sehat, kuat dan cerdas (admin: programDP2019)

MAKAN IKAN…..SEHAT,….KUAT….CERDAS…




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment